Tips Mahir Bermain Sepak Takraw

Tips Mahir Bermain Sepak TakrawTahukah Anda seperti apa permainan sepak takraw? Jika belum tahu, Anda bisa mencari tahu video-video pertandingan olahraga yang berasal dari melayu ini. Ya, kepopuleran dari sepak takraw ini memang kalah jika dibandingkan dengan sepakbola, basket atau bulutangkis. Namun, olahraga yang sangat meledak ditahun ‘90an ini menyimpan keseruan sebuah permainan olahraga berformat tim. Sepak takraw juga terbilang unik karena seperti penggabungan olahraga bola voli dan sepakbola namun dilakukan dilapangan bulutangkis.

Sepak takraw bisa dibilang sulit dilakukan. Namun ketika telah mengetahui apa saja tips-tipsnya, maka bermain sepak takraw menjadi mudah. Berikut ini akan diberikan tips-tips bermain sepak takraw untuk pemula agar bisa mahir bermain:

  • Kuasai Teknik Dasar

Teknik dasar bermain sepak takraw cukup banyak. Yang pertama ada sepak sila atau teknik untuk menerima dan menimang bola menggunakan kaki bagian dalam. Lalu ada sepak kura yang memiliki arti penguasaan bola takraw menggunakan punggung kaki saat menahan serangan lawan. Selanjutnya ada teknik menapak yang memiliki arti memberikan hentakan dengan menggunakan telapak kaki untuk menyerang. Selain menggunakan kaki, ada pula teknik lainnya seperti teknik menyundul menggunakan kepala, kontrol dada, kontrol paha, dan juga membahu atau mengontrol bola dengan bahu. Inti dari teknik-teknik tersebut adalah penggunaan seluruh anggota gerak tubuh kecuali tangan untuk mengontrol, menahan serangan, dan juga menyerang pada permainan sepak takraw.

  • Kuasai Aturan Main

Permainan dalam sepak takraw hampir mirip dengan bola voli namun hanya dimainkan 3 orang setiap satu tim. Setiap tim hanya dibolehkan menyentuh, menimang, atau mengoper bola sebanyak tiga kali. Ketika mendapat bola, seorang pemain boleh langsung menyebrangkan bola ke bidang permainan lawan, boleh juga mengoper terlebih dahulu kepada rekan satu tim asalkan jumlah sentuhan hanya 3 kali. Jika lebih dari tiga kali, maka poin akan diberikan untuk lawan. Selain aturan aliran bola, penting juga diketahui bagaimana servis yang baik terutama untuk orang yang bertugas melempar bola.

  • Teknik Khusus Sepak Takraw

Selain teknik dasar, ada pula teknik khusus atau teknik lanjutan untuk mendukung permainan. Yang pertama adalah servis. Seperti yang telah disinggung tadi, servis diawali dengan seserorang disudut dekat net melemparkan bola kepada tekong atau penerima servis untuk diteruskan ke bidang permainan lawan. Lalu, ada pula teknik smash. Inti dari smash sama seperti smash dalam bola voli namun tidak menggunakan tangan. 3 pemain harus membagi siapa yang akan memberikan umpan dan siapa yang akan melakukan smash. Smash yang keras dan profesional biasa dilakukan dengan salto atau setengah salto. Namun, untuk pemula bisa juga dengan teknik menapak yang dilakukan dengan keras. Dan yang terakhir teknik blocking untuk menahan serangan lawan. Pemain bisa gunakan kepala saat menghadang didepan net atau juga menggunakan kaki untuk menghindari bola jatuh pada bidang permainan sendiri.