Teknik Meluncur Yang Harus Dikuasai Perenang Pemula

Teknik Meluncur Yang Harus Dikuasai Perenang PemulaBelajar berenang harus melaui tahapan-tahapan sejak awal, terutama untuk membiasakan tubuh kita berada di dalam kolam yang penuh dengan air. Latihan berenang setidaknya terdiri dari tiga tahapan awal, yaitu pernafasan, meluncur serta terapung. Dengan memahami ketiga teknik di atas, kita akan dapat menguasai olahraga ini dengan cepat dan mudah. Melatih pernafasan, meluncur dan terapung terutama sangat penting bagi mereka yang masih takut masuk ke dalam kolam atau anak-anak usia di bawah 10 tahun. Dengan pelatihan yang serius serta berkelanjutan, bukan tidak mungkin kita akan dapat berenang secara lihai di dalam kolam.

 

Belajar berenang akan dimulai dari melatih pernafasan di dalam air terlebih dahulu. Setelahnya barulah kita belajar meluncur. Latihan meluncur ini diperlukan agar dapat melatih keseimbangan tubuh dalam air. Tidak sedikit orang yang tidak bisa menguasai keseimbangan tubuh saat berenang sehingga tenggelam ataupun tidak mampu berdiri di dasar kolam walau kolamnya dangkal. Teknik meluncur bisa dilakukan dengan berdiri di tepi kolam terlebih dahulu dengan posisi membelakangi dinding kolam. Tempatkan salah satu telapak kaki menempel di dinding dengan posisi siap menolak. Luruskan lengan di atas kepala dan ibu jari berkaitan satu sama lain. Tundukkan tubuh dan usahakan agar ujung jari jatuh di permukaan air terlebih dahulu.

 

Saat tangan tiba di atas permukaan air, kaki yang menempel di dinding mendorong agar tubuh turut terdorong ke depan. Saat luncuran berjalan, hidari sikap berdiri sebelum titik luncur jadi menurun kemudian jadi berhenti. Akibatnya, kedua kaki akan secara otomatis menurun dan kita tidak dapat berdiri. Jika meluncur dalam kecepatan tinggi kemudian turun tiba-tiba agar dapat berdiri, yang sering terjadi adalah kita tidak dapat berdiri. Cara yang sama juga bisa dilakukan dengan cara mencoba meluncur di tengah kolam yang lebih dangkal. Setelah luncuran sudah mulai habis, berdirilah kembali dan lakukan berulang-ulang agar tubuh kembali menepi. Kita bisa mencoba latihan meluncur di sisi kolam yang lain.

 

Latihan meluncur ini akan dapat dikembangkan sampai kedua kaki dapat menempel di bagian dinding kolam. Sikap ini akan dapat dilakukan apabila kita masuk ke bawah permukaan air terlebih dahulu sebelum meluncur degnan sikap telungkup. Kedua kaki akan memungkinkan untuk bisa menolak dalam waktu bersama-sama. Latihan ini bisa dikerjakan berulang kali agar kita merasa rileks dan menghidari rasa tegang akibat tubuh yang sering memutar. Meluncur termasuk dalam latihan dasar apabila kita ingin menguasai teknik-teknik renang. Setelah menguasai teknik meluncur, maka kita bisa menuju latihan selanjutnya yaitu teknik terapung. Demikian adalah ulasan terkait tips dan teknik berenang untuk pemula. Semoga ulasan di atas bermanfaat.